Langsung ke konten utama

Bersin Ketika Khutbah Jumat, Apakah Disyariatkan Tahmid Dan Tasymit?

Telah diketahui bahwa ketika khutab jumat maka makmum wajib mendengar. Bahkan jika ia berbicara untuk mengingatkan temannya agar diam maka ia telah berbuat sia-sia. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبِكَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَنْصِتْ . وَالإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

“Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jum’at, ‘Diamlah, khotib sedang berkhutbah!’ Sungguh engkau telah berbuat sia-sia.”(HR. Bukhari no. 934 dan Muslim no. 851).

Bagaimana jika bersin ketika khutbah Jumat? Apakah yang bersin harus membaca “tahmid” (alhamdulillah) kemudian didoakan yang mendengar dengan “tasymit” (yarhamukallah)?

Syaikh Muhammad Shalih Al-Munajjid hafidzahullah ditanya,

ماذا يمكن أن يفعل المرء في مثل هذا الموقف : إذا عطس في أثناء خطبة الجمعة ؛ هل يقول : الحمد لله ؟

“Apa yang yang mungkin dilakukan oleh seseorang pada keadaan ini: jika bersin ketika khutbah Jumat, apakah ia mengucapkan “Alhamdulillah” (Tahmid)?

Jawaban:

الحمد لله

إذا عطس مستمع خطبة يوم الجمعة، حمد الله سراً، أي بينه وبين نفسه، فإن سمعه أحد لم يجز له تشميته.
جاء في المدونة (1/230): “قال مالك فيمن عطس والإمام يخطب ؟ فقال يحمد الله في نفسه سرا , قال : ولا يشمت أحد العاطس والإمام يخطب ” انتهى.

وقال المرداوي رحمه الله: ” يجوز تأمينه على الدعاء ، وحمده خفية إذا عطس . نص عليه ” انتهى من الإنصاف”(2/418)

وقال الشيخ ابن باز رحمه الله: “وإذا عطس فعليه أن يحمد الله في نفسه ، ولا يرفع صوته” انتهى من “مجموع الفتاوى” (12/411)

وقال الشيخ ابن عثيمين رحمه الله : “إذا عطس المأموم يوم الجمعة فإنه يحمد الله خفية، فإن جهر بذلك فسمعه من حوله ، فلا يجوز لهم أن يشمتوه ” انتهى من “الشرح الممتع”(5/109) .

والله أعلم

Alhamdulillah, jika makmum yang mendengar khutbah Jumat bersin, maka ia mengucapkan “Alhamdulillah” secara siir yaitu hanya ia yang bisa mendengar ucapannya. Jika didengar oleh sesorang (bacaan Alhamdulillah) maka ia tidak boleh “Tasymit” (mengucapkan yarhamukallah).

Dalam kitam Al-Madunah (1/230), berkata Imam Malik mengenai orang yang bersin ketika imam sedang khutbah, ia berkata: hendaknya ia ucapkan “alhamdulillah” secara siir. Janganlah mengucapkan “Tasymit” bagi orang yang bersin sedangkan imam berkhutbah.

Berkata Al-Mawardi rahimahullah, boleh mengaminkan doa (doa khatib Jumat dengan suara yang lirih, bukan keras dan berjamaah, pent). Boleh mengucapkan “alhamdulillah” dengan lirih jika bersin, boleh baginya. Dinukil dari Al-inshaf (2/418)

Berkata Syaikh Bin Baz rahimahullah, jika ia bersin maka hendaklah ia mengucapkan “alhamdulillah” dengan lirih dan jangan ia keraskan suaranya. Dinukil dari majmu’ Fatawa 912/411)

Berkata Syaikh Al-‘Utsaimin rahimahullah, jika makmum bersin pada khutbah Jumat maka ia mengucapkan “alhamdulillah” dengan lirih, jika ia keraskan kemudian didengar oleh makmum di sekitarnya, maka tidak boleh bagi mereka mengucapkan “tasymit”. Dinukil dari Syarh Al-Mumti’ (5/109)

Wallahu a’lam

Sumber: http://islamqa.info/ar/ref/176607

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Download Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia Digital DJVU + Reader

Silahkan bagi Antum yang ingin mendownload kamus al-munawwir untuk mengklik link yang tersedia pada akhir posting ini. Kamus al-munawwir ini berformat DJVU, oleh karenanya diperlukan DJVU reader untuk membacanya. Alhamdulillah sudah Ana sisipkan menjadi satu file zip (kamus dan readernya). Semoga bermanfaat dan jangan lupa di share ke shohib Antum. Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia Digital DJVU + Reader Nama File : Kamus Al-Munawwir Arab - Indonesia Digital DJVU + Reader.zip Ukuran : 37.167 kb Download

Download Al-Qur'an/Mushaf Madinah PDF

Alhamdulillah pada postingan kali ini Ana ingin share Al-Qur'an / Mushaf Madinah dengan format file PDF. Semoga bermanfaat bagi Antum yang mendownloadnya dan jangan lupa untuk disebarkan ya! Berikut screenshotnya : klik untuk memperjelas gambar. klik untuk memperjelas gambar. Download : Nama File : mushaf-madinah.pdf Ukuran File : 85.283 kb download mushaf madinah PDF

Download Kitab Al-Wajiz fi Fiqhis Sunnati wal Kitabil ‘Aziz Bahasa Arab

Ikhwan wa akhwati Fillah, pada postingan kali ini Ana share sedikit kitab yang baru saja Ana punya, bagi Antum/Antumna yang sudah bisa membaca kitab silahkan di download :  Penulis: Abdul-’Azhim bin Badawi Cetakan: Ketiga – 1421 – 2001 Penerbit: Dar Ibnu Rajab Jumlah Halaman: 528 halaman Ukuran: 9 MBReview Kitab : Penulis: Abdul-’Azhim bin Badawi Cetakan: Ketiga – 1421 – 2001 Penerbit: Dar Ibnu Rajab Jumlah Halaman: 528 halaman Ukuran: 8.9 MB